Perjalanan Kita Dimulai

“Tapi yang menyenangkan dalam sebuah perjalanan adalah menemukan diri kita sendiri; sebuah rumah yang sesungguhnya. Yang membuat kita tak akan merasa asing meski berada di tempat asing sekalipun… 

…because travelers never think that they are foreigners.”

― Windy AriestantyLife Traveler

 

Pada 6 Januari 2015, beberapa mahasiswa Universitas Padjadjaran bersiap untuk berangkat KKN (Kuliah Kerja Nyata) sebagai salah satu bentuk dari pengabdian Tri Dharma Perguruan Tinggi kepada masyarakat.

Salah satu dari kelompok mahasiswa tersebut adalah kami. Kami terdiri dari 20 orang yang berasal dari berbagai fakultas. Walaupun demikian, perbedaan itu tidak menghambat kami untuk tetap bersama menuju Desa Sukamulya, desa KKNM kami.

 

IMG_4903

Foto bersama sebelum berangkat.

Lokasi Desa Sukamulya berada di Kecamatan Purwadadi. Kecamatan Purwadadi merupakan pemekaran dari Kecamatan Lakbok. Kami berangkat dari Jatinangor menuju Desa Karangpaninggal yang berada di sebelum Desa Sukamulya. Perjalanan kami menghabiskan waktu 6 jam. Setelah melalui perjalanan yang cukup melelahkan dan panjang akhirnya kami tiba di Desa Karangpaningal yang merupakan destinasi terakhir dari bis kami dikarenakan jalan yang menuju Desa Sukamulya cukup sulit untuk ditempuh dengan menggunakan bus besar. Saat itu, bus yang membawa kami tidak bisa mengantar kami sampai ke Desa sukamulya karena jalan yang kecil. Itulah yang akhirnya membuat kami harus menggunakan kendaraan yang lebih kecil untuk bisa sampai di desa kami.

 

IMG_4922

Bus berhenti di Desa Karangpaninggal.

 

Kami bersyukur bahwa Kepala Desa Karangpaningal meminjamkan mobil dan motor yang kami gunakan untuk mencapai Desa Sukamulya.  Jarak antara Desa Karangpaningal dengan Desa Sukamulya kurang lebih 7 km. Dengan mobil, kami menghabiskan waktu sekitar 40 menit untuk mencapai Desa Sukamulya.

Seluruh lelah kami terbayar ketika kami sampai di depan rumah baru kami yang berlokasi di Jalan Cikadongdong. Saat itu, kami sadar bahwa satu bulan adalah waktu kami bersama. Walaupun kami belum saling mengenal satu sama lain, semoga KKN ini akan menjadi jembatan untuk mempererat tali silaturahmi, bukan hanya kepada masyarakat tetapi juga kepada sesama teman-teman KKN ini. Amiin.

 

Lebih baik di sini

Rumah kita sendiri

Segala nikmat dan anugerah yang kuasa

Semuanya ada di sini

Rumah kita

– God Bless, Rumah Kita

 

Halaman Depan Rumah Kami.

 

IMG_4926 IMG_4927

IMG_4929 IMG_4933

Advertisements

Leave a comment

Filed under Aktivitas Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s