Perjalanan ke Dusun Sukaharja, Pusat Pembuatan Gula Kelapa  

“Dunia itu seluas langkah kaki. Jelajahilah dan jangan pernah takut melangkah. Hanya dengan itu kita bisa mengerti kehidupan dan menyatu dengannya.” –Soe Hok Gie

Pada hari ke- tiga tepatnya 8 Januari 2015, kami bersama-sama pergi ke Dusun Sukaharja. Jarak ke Dusun ini lebih jauh daripada jarak perjalanan kami ke Kantor Desa kemarin. Dari kantor Desa, kami harus menempuh jarak 1 km lagi sehingga jarak dari rumah kami ke Dusun Sukaharja bisa diukur sekitar 2 km.

Ketika sampai disana, kami langsung disambut oleh Bapak Kepala Dusun Sukaharja. Tentu saja, ini terjadi karena kami sudah memberitahukan kepada beliau bahwa kami akan datang hari itu. Untungnya, beliau juga sangat cepat dapat membalas sms kami.

IMG_5099

Kepala Dusun Sukaharja (tengah) menyambut kami, mahasiswa KKNM Unpad.

 

Disana, kami menanyakan beberapa hal penting seputar Dusun Sukaharja, seperti jumlah penduduk, jenis mata pencaharian, dan masalah yang sering dihadapi. Ternyata, penduduk di Dusun Sukaharja kebanyakan berprofesi sebagai penderes gula kelapa. Hal ini juga didukung dengan banyaknya jumlah kelapa yang tumbuh di area Dusun Sukaharja. Di dusun ini ada dua tempat Bandar dan pabrik gula kelapa. Jadi, para penduduk yang berprofesi sebagai penderes menjual hasil deresan mereka disana. Nantinya, pabrik ini akan mengubah deresan itu menjadi kelapa dan menjualnya ke luar daerah.

Sayangnya, ternyata produk gula kelapa dari Dusun Sukaharja tidak bisa dibeli oleh masyarakatnya Dusun Sukaharja itu sendiri. Kepala Dusun menjelaskan bahwa hal ini terjadi karena para Bandar memasarkan gulanya ke luar daerah. Para penderes sendiri bahkan tidak bisa menjual ke tetangganya karena mereka harus tetap menyetor deresan kepada para Bandar akibat terlilit banyak hutang dengan para Bandar.

 

IMG_5101

Kami sedang mendapat penjelasan seputar Dusun Sukaharja dari Kepala Dusun Sukaharja.

 

Kami juga mendapatkan informasi bahwa Dusun Sukaharja memiliki Karang Taruna. Sayangnya, Karang Taruna di Dusun Sukaharja tidak terlalu aktif. Mereka hanya akan aktif ketika akan diselenggarakan acara saja. Oleh karena itu, Bapak Kepala Dusun mengajak kami untuk bersama-sama menggerakan kembali roda Karang Taruna. Beliau mengajak kami bersama Karang Taruna membuat gawang sepak bola agar lapangan sepak bola di Desa Sukamulya bisa digunakan kembali.

 

IMG_5105

Semua mahasiswa KKNM Unpad Desa Sukamulya datang bersama-sama ke rumah Pak Kepala Dusun Sukaharja.

Akhirnya, setelah kami mendapatkan informasi yang cukup seputar Dusun Sukaharja, kami pun pamit kepada beliau. Tidak lupa sebelum pergi, kami berfoto bersama beliau. Semoga pertemuan ini menjadi awal silaturahmi yang baik bagi kami dan masyarakat Dusun Sukaharja.

 

IMG_5111

Kami berfoto bersama Pak Kepala Dusun Sukaharja.

“Wherever you go, no matter

what the weather,

always bring your own sunshine.” –Anthony J. D’ Angelo

“Kemanapun kamu pergi,

tidak peduli apapun cuacanya,

pasti kamu akan bersinar dengan cahayamu sendiri.”

Advertisements

Leave a comment

Filed under Aktivitas Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s