Sosialisasi UU No. 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Dan kau tahu, hukum itu sejatinya adalah akal sehat, bukan debat kusir, bukan mulut pintar bicara.”

Tere Liye

Pada hari Jumat tanggal 30 Januari 2015, kami mengadakan sosialisasi UU  No 6. Tahun 2014 Tentang Desa. Kami mengundang semua unsur yang ada di dalam struktur pemerintahan yang ada di Desa Sukamulya. Sosialisasi yang kami lakukan kali ini bertempat di Balai Desa Sukamulya. Pemateri dalam penyuluhan kali ini adalah dua orang anggota kelompok kami yang berasal dari Fakultas Hukum UNPAD.

IMG_7123  IMG_7136

Kami datang ke Balai Desa secara bersama-sama.

Sebenarnya, sosialisasi ini merupakan amanat dari Kepala Camat Purwadadi. Beliau mengharapkan kami dapat mensosialisasikan UU No. 6 Tahun 2014 dengan tujuan memberikan edukasi dan informasi kepada para aparatur desa tentang UU yang dapat dikategorikan baru ini. Kami bersyukur, acara yang kami selenggarakan kali ini mendapat respon yang cukup baik dari para undangan. Hal ini terlihat dari beberapa pertanyaan yang diberikan dan juga cukup lengkapnya aparatur desa yang hadir pada sosialisasi kali ini.

IMG_7138  IMG_7141

Seluruh aparatur desa hadir dalam sosialisasi ini.

Acara dimulai dengan pembukaan dari Moderator dari kami dan sambutan dari Kepala Desa Sukamulya. Kemudian, kami secara bergantian membacakan UU No. 6 Tahun 2014. Setelah pembacaan pasal per pasal selesai, dua teman kami yang berasal dari Fakultas Hukum memberikan penjelasan tentang Undang-Undang ini. Setelah itu, acara dilanjutkan dengan sesi pertanyaan.

IMG_7216  IMG_7180

Kedua mahasiswa Fakultas Hukum Unpad sedang memberikan materi.

Ada beberapa pertanyaan yang diajukan oleh para aparatur desa. Namun, ada satu hal menarik dari beberapa pertanyaan dan pernyataan yang disampaikan dalam sesi tanya jawab kali ini. Hal yang menarik tersebut cukup menggelitik benak kami bahwa betapa cukup besar perbedaan yang terjadi antara desa di kota/kabupaten yang satu dengan desa yang lainnya. Padahal letaknya sangat dekat dan dapat dikatakan bertetangga. Hal menarik ini diungkapkan sendiri oleh Kepala Desa Sukamulya. Tidak hanya masalah pemasukan desa yang berasal dari APBD Kabupaten Ciamis namun beliau juga mengungkapkan bahwa Desa Sukamulya masih sangat memerlukan pembenahan di segala aspek termasuk kepada peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia yang ada. Beliau berharap bahwa ke depannya akan ada pelatihan-pelatihan bagi para aparatur desa guna peningkatan pelayanan yang diberikan mengingat masih minimnya kualitas Sumber Daya Manusia yang ada di desa ini.

IMG_7213   IMG_7204

IMG_7233

Para pejabat desa sedang bertanya kepada para narasumber.

Setelah diskusi yang cukup panjang, kami menutup acara dengan penyerahan sertifikat kepada Kepala Desa dan foto bersama. Semoga Desa Sukamulya dapat menjadi Desa yang mengerti hukum dan bebas dari mafia-mafia pemerintahan.

IMG_7239 IMG_7242

IMG_7244 IMG_7243

“Good people do not need laws to tell them to act responsibly, while bad people will find a way around the laws”
Plato

Advertisements

Leave a comment

Filed under Aktivitas Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s