Domba Padjadjaran Masuk Desa Sukamulya

“[P]emberdayaan ekonomi masyarakat ini selain memberikan kesibukan positif juga memberikan tambahan pemasukan”
Dian Nafi, Gus

Pada tanggal 3 Februari 2015, kami, mahasiswa KKNM Unpad mengadakan penyuluhan  Domba dengan judul “Perubahan Pola Hidup Masyarakat melalui VBC (Village Breeding Centre). Target dari program penyuluhan ini adalah pemilik-pemilik domba yang ada di Desa Sukamulya. Program ini adalah amanat dari DPL (Dosen Pembimbing Lapangan) kami yaitu Prof. Dr. Ir. Hj. Sri Bandiah Koman Prajoga yang merupakan Dosen dari Fakultas Peternakan. Beliau telah berhasil mengembangkan spesies Domba unggul yang baru yang disebut Domba Padjadjaran. Bu Sri ingin agar komoditas Domba Padjadjaran ini tersebar ke seluruh wilayah Jawa Barat. Oleh karena itu, penyuluhan ini juga dilakukan untuk mempersiapkan para peternak domba agar siap dalam menjaga spesies Domba Padjadjaran yang akan dititipkan nanti.

 

Acara dimulai pada siang hari sekitar pukul 13.00. Setiap peserta yang datang kami data dan fasilitasi dengan sebuah buku dan konsumsi. Acara dibuka oleh MC yang dilanjutkan dengan sambutan-sambutan dari Ketua Koordinasi Desa, Kepala Desa, dan Dosen Pembimbing Lapangan. Setelah itu, Bu Sri memberikan materi tentang cara pengembangbiakan Domba Padjadjaran. Beliau menjelaskan dan menunjukan bagaimana tekhnologi sangat berperan penting dalam menjadikan domba sehat dan berkembang biak dengan cepat. Dengan metode Insiminasi Buatan, peternak hanya memerlukan satu ekor kambing jantan saja untuk membuahi domba-domba betina. Banyak manfaat yang diperoleh dari metode ini seperti domba bisa beranak kembar tiga dan sehat semua,  kelahiran domba yang bersamaan, jenis domba yang unggul, dan lebih kebal dari penyakit. Beliau juga menunjukan metode pakan ternak menggunakan jerami kering yang dapat menjadi solusi ketika musim sulit rumput tiba.

 

Setelah sesi materi berakhir, kami membuka sesi pertanyaan. Ketua Karang Tani mengajukan pertanyaan dan keluhan perihal keadaan peternak yang ada di Desa Sukamulya. Beliau mengkhawatirkan program-program yang tidak tuntas dan terabaikan akan terjadi kembali seperti program yang kami lakukan ini. Akan tetapi, Bu Sri menekankan bahwa program ini akan terus berlanjut dan dipantau secara berkala agar Desa Sukamulya menjadi salah satu Desa Domba Padjadjaran. Untuk meyakinkan para peserta, Bu Sri meminta kontak dari setiap perwakilan Dusun dan juga membuat kelompok tani baru yang akan menjaga dan mengembangbiakan Domba Padjadjaran.

 

Acara dilanjutkan dengan mengadakan survei dan pendataan terhadap para peserta yang dilakukan oleh kami. Kami juga mengetes sedikit pengetahuan para peserta dengan menanyakan beberapa hal mengenai domba. Acara benar-benar ditutup dengan foto bersama dan salam. Kami berharap acara ini akan menjadi awal kebangkitan Desa Sukamulya untuk menjadi Desa yang makmur melalui pengembanganbiakan dan industri domba.

 

“Kebahagiaan sejati adalah ketika kita bisa ikut menyukseskan orang lain.”
Helvy Tiana Rosa

Advertisements

Leave a comment

Filed under Aktivitas Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s