English Day, Program Penyemangat Para Siswa SMP Al-Falaah

“Language is the key to the heart of people.”
Ahmed Deedat

“Bahasa adalah kunci untuk hati orang-orang.”

 

Kami mengadakan acara English Day di SMP Al-Falaah. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan motivasi kepada siswa-siswi SMP Al-Falaah untuk belajar bahasa Inggris dan memberikan informasi seberapa besar manfaat jika bisa berbahasa Inggris pada jaman yang modern ini. Sayangnya, kami hanya bisa memberikan workshop ini kepada kelas tiga saja karena keterbatasan ruangan dan waktu yang ada. Walaupun begitu, seluruh pihak baik mahasiswa KKNM Unpad dan pihak sekolah sangat bersungguh dalam menjalankan acara English Day ini.

IMG_5802    IMG_5804

Kami berdoa dan briefing sebelum pergi ke SMP Al-Falaah.

IMG_5808    IMG_5807

Mesjid dan Ruangan Belajar SMP Al-Falaah

IMG_5826    IMG_5827

Pada Siswa SMP Al-Falaah

Acara dimulai dengan pembukaan dan perkenalaan mahasiswa KKNM Unpad yang dipimpin oleh MC. Kemudian, salah seorang dari kami memberikan materi motivasi tentang pentingnya belajar bahasa Inggris. Pemateri menggunakan fasilitas laptop dan infokus yang ada di sekolah sehingga beliau bisa menunjukan berbagai gambar dan video yang menarik kepada para siswa. Hal ini membuat sesi materi menjadi seru dan tidak membosankan.

 

IMG_5834    IMG_5837

Kedua MC sedang membuka acara English Day.

IMG_5891     IMG_5922

Pembicara memberikan materi dan juga berinteraksi dengan siswa.

 

Setelah materi selesai, acara kembali diserahkan kepada MC untuk melaksanakan beberapa Games. Ada tiga Games yang kami lakukan bersama para siswa. Pertama, kami melakukan Games tebak gambar. Kami awalnya membagi seluruh siswa kedalam beberapa kelompok. Kemudian, kami memberikan sebuah kata dalam bahasa inggris kepada salah seorang siswa di tiap kelompok. Siswa tersebut kemudian diharuskan menggambar sesuatu yang dituliskan di kertas itu yang kemudian harus ditebak namanya dalam bahasa Inggris oleh setiap kelompok. Pada saat permainan berlangsung, banyak siswa yang salah menebak apa yang digambarkan oleh temannya karena gambarnya mirip dengan benda yang lain.

IMG_5938   IMG_5949

IMG_5950   IMG_5941

Permainan Tebak Kata Berlangsung Seru.

 

Permainan kedua adalah Komunikata. Tiap kelompok diharuskan berbaris. Salah seorang yang berada di depan di tiap-tiap kelompok akan diberikan satu kalimat berbahasa Inggris. Siswa tersebut diharuskan membisikan kata itu ke teman yang ada dibelakangnya dan teman dibelakangnya juga harus membisikan kata yang dia dengar ke teman yang ada dibelakangnya. Hal ini terus berlangsung sampai ke siswa yang berbaris paling terakhir. Siswa terakhir kemudian akan menulis apa yang didengarnya di secarik kertas. Selanjutnya, kami memberikan nilai sesuai dengan apa yang ditulis oleh siswa. Semakin mirip kalimat yang kami berikan dengan kalimat yang mereka tulis, maka semakin baik juga nilainya. Ternyata, banyak siswa yang salah menulis apa yang dibisikan oleh temannya sehingga membuat nilai mereka berkurang.

 

IMG_5959   IMG_5963

IMG_5967   IMG_5971

Para siswa bersemangat mengikuti permainan komunikata.

 

Permainan ketiga adalah Eatbulaga. Tiap-tiap kelompok mengirimkan dua orang wakilnya untuk bermain. Seperti halnya permainan Eatbulaga pada umumnya, salah seorang dari dua siswa akan menebak satu kata yang telah kami tentukan. Satu orang siswa lagi akan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh siswa yang lain. Tentu saja mereka berdua harus menggunakan bahasa Inggris agar sesuai dengan tema acara kami yaitu English Day. Walaupun awalnya siswa agak kesulitan dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris, lambat laun mereka mulai terbiasa dan dapat menebak kata yang kami berikan.

 

IMG_6005  IMG_6007

IMG_6009   IMG_6003

Para siswa sedang berusaha untuk menebak kata yang kami berikan.

 

Setelah permainan ketiga berakhir, maka semua rangkaian acara English Day telah selesai. Terakhir, kami memberikan beberapa hadiah kepada para pemenang dan semangat kepada para siswa agar tetap rajin belajar bahasa Inggris untuk persiapan UN nanti. Akhirnya, acara benar-benar ditutup dengan penyerahan sertifikat dan foto bersama mahasiswa KKNM Unpad, para siswa, dan staff guru.

 

IMG_6016   IMG_6021

IMG_6026

Para pemenang diberikan hadiah oleh mahasiswa KKNM Unpad.

IMG_6054  IMG_6058

Kami berfoto bersama sebelum meninggalkan SMP Al-Falaah.

 

“English is not merely a language anymore;

it has become a way of life

for millions of non-native English speakers

around the world.”
M.F. Moonzajer, LOVE, HATRED AND MADNESS

“Bahasa Inggris bukanlah sebuah bahasa lagi,

bahasa Inggris telah menjadi cara hidup

untuk jutaan penutur bahasa Inggris

yang bukan pribumi Inggris di seluruh dunia.”

Advertisements

Leave a comment

Filed under Aktivitas Kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s